Twit

Twit Menjaga Kebersihan Hati

@n_zanki :

dlm sehari, kita butuh lbh banyak waktu mengurus dunia dibanding mengurus akhirat. dan Allah tetap janjikan surgaNya.

dlm sebuah hadits, Rasulullah bersabda mengenai segumpal daging yg akan mempengaruhi seluruh amal seorg manusia, yaitu hati.

Ibnu Qayyim mengatakan bhw hati adlh raja bagi diri tiap manusia. beliau membagi hati menjadi tiga golongan.

pertama, hati yg hidup dan sehat. hati inilah yg dimiliki oleh para rasul dan nabi dan org2 yg senantiasa mendekatkan diri kpd Allah.

hati yg hidup dan sehat sesuai dg fitrahnya. hati ini akan bergetar tiap mendengar ayat Allah dibacakan dan dipenuhi oleh iman.

kedua, hati yg mati. matinya hati ini krn ia menutup diri dr kebenaran dan mencintai syahwatnya. ia kemudian dimatikan o/ Allah.

hati yg mati dinyatakan dlm Al Quran sbg hati yg kerasnya lbh keras drpd batu. bahkan airpun tdk dpt menembus, hingga ia kering dan tandus.

ketiga, hati yg hidup tp sakit. ini hati kebanyakan manusia. hati ini dpt menjadi sehat, bisa juga mendekati dan menjadi mati.

jika hati yg sakit didominasi dg iman dan kebenaran, maka ia akan mendekati kehidupan. hati akan menjd tenang dan damai krn adanya iman.

jika hati yg sakit ini, didominasi dg syahwatnya, menjauhi iman yg fitrah, dan kemudian terjerembab didlmnya, ia akan jd kering dan mati.

Rasululah : “MAN ‘ARAFA NAFSAHU FAQAD ‘ARAFA RABBAHU (siapa yang kenal dirinya akan mengenal Allah).” hadits dhaif, dalam beberapa pendapat palsu.

mengenali diri sendiri menjd penting demi menyadari hakikat diri kita, potensi kita, dan jg mengembangkan diri kita. dan dimulai dr hati.

para sahabat ra, generasi tabi’in dan tabi’ut tabi’in menyadari hal ini. terkadang mereka menolak hal yg mubah krn takut merusak hati.

generasi salaf senantiasa menjaga hati mereka dr apa2 yg dpt merusaknya. krn dlm hati bersemayam iman dan takwa. Rasul pernah tegaskan ini.

hal yg mubah dpt menjd maksiat. maksiat bisa merusak hati. rusaknya hati mengancam iman dan takwa. ini yg mereka takutkan.

mereka mengenali apa yg dpt merusak hati mereka, kelemahan hati mereka dan menjaga hatinya dr yg dpt merusaknya. ini yg sering kita lalai.

moral dan etika: kl istri anda korupsi, selayaknya anda lepaskan jabatan publik yg anda pegang saat ini.

moral dan etika: kl istri dr penyandang dana kampanye anda korupsi, sepantasnya anda kembalikan dana darinya.

moral dan etika: jangan sematkan nama agama, atribut agama dan embel2 agama kpd anda ketika anda sbnrnya melakukan hal yg dilarang agama itu

moral dan etika: “beli tomat ke stasiun gambir, jualan umat kok teriak takbir?” akan lbh bijak jika tanggalkan atribut agama.

moral dan etika: kl bendum seorg koruptor, maka slrh anggaran wajib di audit scr independen. apalagi preman yg jd koruptor.

moral dan etika: jika anda sekelompok organisasi dg tersangka koruptor, jgn hanya diam. korupsi bukan urusan pribadi, tp publik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s